Minggu, 20 Juni 2010

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA


Rangkuman

1. Darah terdiri dari plasma darah,sel darah merah,sel darah putih dan keeping-keping darah.

2. Sel darah merah tidak berinti,berbentuk bulat pipih,berfungsi mengangkut oksigen dan karbon dioksida.

3. Sel darah putih berinti,bentuknya tidak tetap,dapat menembus dinding pembuluh kapiler darah,berfungsi membunuh kuman penyakit.

4. Keping darah mempunyai bentuk tidak beraturan,berfungsi dalam pembekuan darah.

5. Alat-alat peredaran darah adalah jantung dan pembuluh darah.Jantung manusia terdiri dari atas 4 ruang yaitu 2 serambi dan 2 bilik.

6. Pembuluh darah yang mengalirkan darah meninggalkan jantung di sebut pembuluh nadi atau arteri.Ciri-cirinya : berdinding tebal dan elastis,terletak di dalam,tersembunyi,dan memiliki satu katup dekat jantung.

7. Pembuluh darah yang mengalirkan darah mennuju jantung di sebut pembuluh balik (vena).Ciri-cirinya : berdinding tipis,terletak di permukaan,dan memiliki katup di sepanjang pembuluh.

8. Darah manusai selalu beredar di dalam pembuluh darah sehingga di sebut perdaran tertutup.Dalam satu kali beredar,darah melalui jantung sebanyak 2 kali sehingga di sebut peredaran darah rangkap.

9. Cairan Limfa berasal dari plasma darah yang keluar dari pembuluh darah ke jaringan tubuh.Peredaran Limfa adalah peredaran terbuka,di mulai dari jaringan tubuh dan berakhir di pembuluh balik.

10. Pembuluh Limfa terdiri atas pembuluh Limfa dada dan pembuluh Limfa kanan.

11. Pada tempat tertentu,seperti pangkal paha,ketiak,dan leher terdapat kelenjar Limfa yang berfungsi mencegah infeksi.

(sumber : Sains Biologi untuk SMP kelas VII Erlangga)

1 komentar:

  1. ini dia yang aku cari.thx y emg sih aku msih kls 6 tapi aku sdh membutuhkan ini.klo mau tahu ttg aQ add me on Fb,"Sekar Adjha Dech"

    BalasHapus