Jumat, 04 Juni 2010

SISTEM PERNAFASAN MANUSIA


Rangkuman

1. Alat pernapasan pada manusia terdiri atas rongga hidung,pangkal tenggorok (laring) , batang tenggorak (trakea),cabang tenggorok(bronkus),dan paru-paru.


2. Di dalam hidung udara di saring,di sesuaikan suhunya,dan di atur kelembapannya.

3. Pertukaran Oksigen dengan Karbon Dioksida terjadi dalam Alveolus.

4. Proses pernapasan meliputi pengambilan oksigen untuk oksidasi biologi yang menghasilkan energi serta pengeluaran zat sisa berupa karbon dioksida dan air.

5. Pemasukan Udara(menarik napas)disebut Inspirasi.Pengeluaran Udara (mengeluarkan napas) di sebut ekspirasi .

6. Masuk dan keluarnya udara dari dan ke paru-paru di sebabkan oleh kerja otot-otot diafragma dan otot-otot antar tulang rusuk.

7. Pernapasan yang menggunakan otot diafragma di sebut pernapasan perut. Pernapasan yang menggunakan otot antar tulang rusuk di sebut pernapasan dada.

8. Beberapa penyakit yang mengganggu system pernapasan antara lain,Selesma, Influenza,Bronkitis,Asma,TBC,pneumonia,dan pleuritis.

9. Asap rokok mengeluarkan lebih dari 40 bahan kimia penyebab kanker juga sejumlah kecil racun lainya seperti arsenikum dan sianida serta lebih dari 4000 bahan lainya masuk dalam tubuh.

10. Ikan bernapas dengan insang.Insang ikan berbentuk seperti sisir dan banyak mengandung darah.Ikan yang hidup di rawa memiliki labirin,yang berfungsi sebagai cadangan udara.

11. Katak bernapas dengan paru-paru dan kulit.Udara di pompa ke paru-paru oleh gerakan mulut dan faring.

12. reptilian bernapas dengan paru-paru.Pada buaya,lubang hidup tertutup pada saat menyelam dia air.

13. Burung bernapas dengan paru-paru.Burung mempunyai kantong udara sebagai tempat cadangan udara yang di gunakan saat terbang.

(sumber : Sains Biologi untuk SMP kelas VII Erlangga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar