Minggu, 20 Juni 2010

SISTEM SARAF MANUSIA


Rangkuman

1. Semua kegiatan organ tubuh diatur dan di kendalikan oleh system Koordinasi yang terdiri dari system saraf dan system hormon.
2. Sistem Saraf dapat menerima rangsangan dan mengirimkan pesan ke saraf pusat dan selanjutnya memberikan tanggapan.
3. Fungsi system saraf antara lain:
a. Untuk mengenal perubahan di luar tubuh,mengaturr tanggapan terhadap keadaan sekitar,dan 
b. Mengatur kerja organ tubuh.
4. Bagian terkecil system saraf adalah sel saraf (neuron) yang terdiri dari badan Sel saraf dan inti sel saraf.
5. Badan Sel saraf mempunyai penjuluran sitoplasma.Penjuluran Sitoplasma yang penting di sebut neurit(akson),sedangkan penjuluran sitoplasma yang pendek di sebut dendrite.
6. Berdasarkan fungsinya,sel saraf di bedakan menjadi tiga,yaitu sel saraf sensori,sel saraf motor dan sel saraf penghubung.
7. Sistem saraf terdiri dari system saraf pusat dan system saraf tepi.Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang.
8. system saraf tepi menghubungkan system saraf pusat dengan organ tubuh.Sistem saraf tepi terdiri dari system saraf Somatik dan Saraf Autonom.
9. Sistem saraf Autonom terdiri dari system saraf simpatetik dan system saraf parasimpatetik.sistem saraf simpatetik berfungsi mempercepat organ tertentu, sedangkan system saraf parasimpatetik memperlambat kerja organ tertentu. Kerja keduanya saling berlawanan (antagonis)
10. Tanggapan atau reaksi terhadap rangsangan dapat berupa gerak biasa dan dapat pula berupa gerak refleks.Gerak biasa terjadi karena ada perintah dari otak.gerak refleks terjadi karena ada perintah dari otak.gerak refleks terjadi tanpa perintah otak,tetapi langsung melalui saraf penghubung di sumsum tulang belakang.  

(sumber : Sains Biologi untuk SMP kelas VII Erlangga)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar